Wednesday 30 November 2016

Contoh Judul dan Latar Belakang Skripsi Hukum Perdata



Pelaksanaan Perjanjian Kredit Pembelian
Kendaraan dengan Jaminan Fidusia

Perjanjian kredit merupakan perjanjian konsensuil antara Debitur dengan Kreditur (dalam hal ini Bank) yang melahirkan hubungan  hutang piutang, dimana Debitur berkewajiban membayar kembali pinjaman yang diberikan oleh Kreditur, dengan berdasarkan syarat dan kondisi yang telah disepakati oleh para pihak.[1] Dalam Buku III KUH Perdata tidak terdapat ketentuan yang khusus mengatur perihal Perjanjian Kredit.  Namun dengan berdasarkan asas kebebasan berkontrak, para pihak bebas untuk menentukan isi dari perjanjian kredit sepanjang tidak bertentangan dengan undang-undang, ketertiban umum, kesusilaan, dan kepatutan. Dengan disepakati dan ditandatanganinya perjanjian kredit tersebut oleh para pihak, maka sejak detik itu perjanjian lahir dan mengikat para pihak yang membuatnya sebagai undang-undang.
Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.[2] Kemudian yang dimaksud dengan Perjanjian Kredit adalah perjanjian pemberian kredit antara pemberi kredit dan penerima kredit. Setiap kredit yang telah disetujui dan disepakati antara pemberi kredit dan penerima kredit wajib dituangkan dalam bentuk perjanjian kredit.
Perjanjian adalah suatu perbuatan dengan mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang lain atau lebih.[3] Dari perjanjian tersebut timbul suatu hubungan hukum antara dua pihak pem-buatnya yang dinamakan perikatan. Hubungan hukum yaitu hubungan yang menimbulkan akibat hukum yang dijamin oleh hukum atau undang-undang. Apabila salah satu pihak tidak memenuhi hak dan kewajiban secara sukarela maka salah satu pihak dapat menuntut melalui pengadilan. Sedangkan perikatan adalah suatu hubungan hukum antara 2 (dua) orang atau 2 (dua) pihak. Pihak yang satu berhak menuntut sesuatu hal dari pihak yang lain dan pihak yang lain berkewajiban untuk memenuhi tuntutan itu. Pihak yang menuntut sesuatu disebut kreditor sedangkan pihak yang berkewajiban memenuhi tuntutan disebut debitor.[4]
Saat ini, banyak lembaga  pembiayaan (finance) dan bank (bank umum maupun perkreditan) menyelenggarakan pembiayaan bagi konsumen (consumer finance), sewa guna usaha (leasing), anjak piutang (factoring). Mereka umumnya menggunakan tata cara perjanjian yang mengikutkan adanya jaminan fidusia bagi objek benda jaminan fidusia. Prakteknya lembaga pembiayaan menyediakan barang  bergerak yang diminta konsumen (semisal motor atau mesin industri) kemudian diatasnamakan konsumen sebagai debitur (penerima kredit/pinjaman). Konsekuensinya debitur menyerahkan kepada kreditur (pemberi kredit)  secara fidusia.[5]  Dengan mendapat sertifikat jaminan fidusia maka kreditur/penerima fidusia serta merta mempunyai hak eksekusi langsung (parate eksekusi), seperti terjadi dalam pinjam meminjam dalam perbankan. Kekuatan hukum sertifikat tersebut sama dengan keputusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.[6]
Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.[7] Jaminan Fidusia adalah hak jaminan atas benda bergerak baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud dan benda tidak bergerak khususnya bangunan yang tidak dapat dibebani hak tanggungan sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan yang tetap berada dalam penguasaan Pemberi Fidusia, sebagai agunan bagi pelunasan utang tertentu, yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada Penerima Fidusia terhadap kreditor lainnya.[8]
Fakta di lapangan menunjukan, lembaga pembiayaan dalam melakukan perjanjian pembiayaan mencamtumkan kata-kata dijaminkan secara fidusia. Tetapi ironisnya tidak dibuat dalam akta notaris dan tidak didaftarkan di Kantor Pendaftaran Fidusia untuk mendapat sertifikat. Akta semacam itu dapat disebut akta jaminan fidusia di bawah tangan. Jika penerima fidusia mengalami kesulitan di lapangan, maka ia  dapat meminta pengadilan setempat melalui juru sita membuat surat penetapan permohonan bantuan pengamanan eksekusi. Bantuan pengamanan eksekusi ini bisa ditujukan kepada aparat kepolisian, pamong praja dan pamong desa/kelurahan dimana benda objek jaminan fidusia berada. Dengan demikian bahwa pembuatan sertifikat jaminan fidusia melindungi penerima fidusia jika pemberi fidusia gagal memenuhi kewajiban sebagaimana tertuang dalam perjanjian kedua belah pihak.
Permasalahan:
1)        Bagaimana Pelaksanaan Perjanjian Kredit Pembelian Kendaraan dengan Jaminan Fidusia?
2)    Bagaimana Dampak dari Pelaksanaan Perjanjian Kredit Pembelian Kendaraan dengan Jaminan Fidusia?




Analisis Yuridis tentang Tanggung Jawab Hukum terhadap Cek Kosong Ditinjau dari Perspektif Hukum Perbankan Nasional

Pembayaran menggunakan cek pertama kali pada tahun 352 sebelum masehi di Romawi, namun baru tahun 1500 ditemukan bukti nyata adanya transaksi menggunakan cek di Belanda, kemudian berkembang ke Inggris sekitar tahun 1700-an. Salah satu bank memberikan nomor seri di sudut kanan atas cek agar bisa melacak keberadaan cek tersebut, dan dari sanalah asal kata check. Peredaran cek antar bank menjadi masalah terbesar di Inggris saat itu, meskipun para kurir diberi tips untuk setiap pengambilan cek, namun tetap saja sistem itu membuang waktu dan bertele-tele. Untuk memecahkan masalah tesebut para kurir berkumpul di suatu tempat, istirahat dan saling bertukar cek dengan sesama kurir bank (dan tentu saja berbagi tips juga). Dari kegiatan para kurir tersebutlah lahir istilah 'Kliring' (clearinghouses).[9]
 Cek adalah surat perintah membayar sebagaimana diatur dalam Kitab UU Hukum Dagang (KUHD). Sedangkan, dijelaskan dalam situs Bank Indonesia bahwa Cek adalah surat perintah tidak bersyarat untuk membayar sejumlah dana yang tercantum dalam cek.  Penarikan cek dapat dilakukan baik atas nama maupun atas unjuk dan merupakan surat berharga yang dapat diperdagangkan (negotiable paper).[10] Dalam prakteknya transaksi ekonomi dan financial kerap kali menggunakan metode transaksi melalui sistem cek, hal ini rentan dengan penggunaan cek kosong dalam proses transaksi tersebut.
Cek Kosong adalah rubber check bounced check yaitu cek yang ditarik atas suatu rekening yang dana atas penarikan tersebut tidak cukup, bank dimungkinkan membayar penarikan yang berlebihan (overdraft) jika nasabah mempunyai hubungan yang baik dengan bank atau mempunyai fasilitas cerukan (overdraft) pada kredit, nasabah mungkin masih dikenai biaya cerukan untuk membayar biaya proses cek pada bank.[11] Cek/Bilyet Giro Kosong adalah Cek/Bilyet Giro yang diunjukkan dan ditolak Tertarik dalam tenggang waktu adanya kewajiban penyediaan dana oleh Penarik karena saldo tidak cukup atau Rekening telah ditutup.[12]
Permasalahan:
1)    Bagaimana tanggung jawab hukum terhadap cek kosong ditinjau dari perspektif hukum perbankan nasional?
2)  Bagaimana dampak hukum yang timbul dari penggunaan cek kosong dalam sistem perbankan nasional?
3)      Apa saja faktor-faktor Penyebab penggunaan cek kosong?


3) Tinjuan Yuridis Sertifikat Hak Milik (SHM) dalam Proses Balik Nama menjadi Jaminan Kredit (Studi Kasus pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung)




[1]Anonymous,  www.legalbanking.wordpress.com, Perjanjian Kredit dan Pengakuan Hutang, diakses pada 1 Juni 2016.
[2] Lihat Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 7 tahun 1992 tentang Perbankan pada Pasal 1 ayat (11).
[3] Lihat Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata) pada Pasal 1313.
[4] Adminerco, www.ercolaw.com, Mengenal Perjanjian Kredit, diakses pada 1 Juni 2016.
[5] Artinya debitur sebagai pemilik atas nama barang menjadi pemberi fidusia kepada kreditur yang dalam posisi sebagai penerima fidusia.  Praktek sederhana dalam jaminan fidusia adalah debitur/pihak yang punya barang  mengajukan pembiayaan kepada kreditor, lalu kedua belah sama-sama sepakat mengunakan jaminan fidusia terhadap benda milik debitor dan dibuatkan akta notaris lalu didaftarkan ke Kantor Pendaftaran Fidusia. Kreditur sebagai penerima fidusia akan mendapat sertifkat fidusia, dan salinannya diberikan kepada debitur.
[6]Purwo Nugroho, 2007, www.hukumonline.com, Eksekusi Terhadap Benda Objek Perjanjian Fidusia dengan Akta di Bawah Tangan, diakses pada 1 Juni 2016.
[7] Lihat Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia pada Pasal 1 ayat (1).
[8] Ibid, Pasal 1 ayat (2).
[9] Anonymous, www.id.wikipedia.org, cek, diakses pada 1 Juni 2016.
[10] Lihat Kitab Undang-Undang Hukum Dagang atau KUHD pada Pasal 178 sampai dengan Pasal 229.
[11] Anonymous, www.mediabpr.com, Pengertian Cek Kosong, diakses pada 1 Juni 2016.
[12] Lihat Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 2/10/DASP tanggal 8 Juni 2000 tentang Tata Usaha Penarikan Cek/Bilyet Giro Kosong.

Contoh Soal-soal Ujian Pengantar Ilmu Hukum dan Jawaban



1.       Apa yang dimaksud perumusan kaedah hukum secara hipotesis dan kategoris?

  • secara hipotesis: perumusan kaidah hukum yang menunjukkan adanya hubungan bersyarat antara kondisi dengan konsekuensi
  • secara kategoris: perumusan kaidah hukum yang tidak menunjukkan adanya hubungan bersyarat antara kondisi dan konsekuensi


2.       Bagaimana pendapat kelsen tentang pandangan hipotesis dan kategoris?

  • kelsen hanya mengakui perumusan hipotetis, karena kaidah hukum yang dirumuskan secara hipotetis mengikat secara moral (perintah secara moral), sedangkan perumusan secara kategoris bersifat teknis ketrampilan (imperative of skill).


3.       Apakah yang dimaksud dengan tugas kaedah hukum?

  • tugas kaidah hukum adalah pemberian kepastian hukum yang bertujuan terjadinya ketertiban, dan pemberian kesebandingan hukum yang tertuju kepada ketenangan atau ketentraman.


4.       Bagaimana hubungan antara tugas kaedah hukum dengan kaedah hukum umum dan individuil?

  • hubungan antara tugas kaedah hukum dengan kaedah hukum umum: lebih mengutamakan kepastian hukum.
  • hubungan antara tugas kaedah hukum dengan kaedah hukum individuil: lebih mengutamakan kesebandingan hukum.


5.       Apakah essensiallia dari kaedah hukum?

  • esensialia kaidah hukum adalah membatasi atau mematoki (bukan memaksa. sebab hukum sebagai kaidah merupakan pedoman atau patokan tentang bagaimana seharusnya manusia berperilaku dalam hukum.


6.       Apakah yang dimaksud dengan penyimpangan kaedah hukum?

  • penyimpangan kaedah hukum dapat berupa :

Sunday 27 November 2016

12 Film dengan Cerita terGalau yang Menguras Air Mata

12. Love Story
https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/2f/e4/b2/2fe4b282785a8af9bbfc8ca920bbfde5.jpg

Sebuah film klasik romantis, bercerita tentang dua pelajar dari latar belakang finansial yang berbeda saling jatuh cinta. Tak lama setelah keadaan mereka membaik, mereka mendapati selama mereka berusaha memperolah anak ternyata sang istri mengidap penyakit serius. Mereka melakukan yang terbaik untuk menikmati masa-masa kebersamaan mereka, sebelum akhirnya sang istri meninggal dunia. 

11. Titanic

http://wallpapercave.com/wp/8JYKNPW.jpg

Siapa yang tidak tahu dengan kisah dari film ini ? Film ini jelas menyedihkan. Bukan saja karena kematian salah satu pemain utama prianya, yang lebih menyedihkan adalah menyaksikan adegan-adegan beberapa penumpang yang bersiap pada saat-saat akhir mereka. Sepasang suami-istri tua yang berpelukan sementara air masuk kedalam kabin mereka, seorang ibu yang membacakan cerita kepada anak-anaknya saat mereka terjebak dibawah dek kapal, dan para musisi yang terus memainkan lagu bahkan ketika orang-orang panik di sekitar mereka, tanpa berusaha meyelamatkan diri mereka.

10. P. S. I Love You
https://media1.popsugar-assets.com/files/thumbor/6IP4AptqH5ybBBZxLvfaH3FfvEo/fit-in/550x550/filters:format_auto-!!-:strip_icc-!!-/users/1/13839/38_2007/psiloveyou1/i/Movie-Preview-Gerard-Butler-Hilary-Swank-PS-I-Love-You.jpg

Film ini adalah sebuah adaptasi novel tahun 2004 dengan nama yang sama oleh Cecelia Ahern. Holly dan Gerry adalah pasangan yang sudah menikah. Mereka saling mencintai, namun mereka bertengkar sesekali. Namun keadaan berubah saat Gerry meninggal mendadak karena tumor otak dan Holly menyadari betapa Gerry sangat berarti baginya. Kemudian cerita dimulai dengan hadiah dari sang suami yang telah meninggal, yaitu berupa surat-surat yang menuntun Holly untuk kembali ceria setelah kepergian suaminya itu.

9. (500) Days of Summers

http://www.galactic-squid.com/wp-content/uploads/2014/08/500-days.jpg

500 Days of Summer bukan lah sebuah kisah cinta, tapi mengapa saya masukan dalam list ? karena film ini bikin galau penontonnya! Di awal film ini dimulai narator sudah mengatkan bahwa "This is not a Love Story", jadi udah kebayang sama ceritanya kan. Film ini mengisahkan tentang seorang pemuda yang harus melewati 500 hari ketika hidupnya kedatangan seorang wanita cantik yang memberikan segala hal yang baik dan buruk untuknya. Sepertinya Marc Webb (sutradara dari film ini), yang ingin memberitahukan kalau tidak semua pasangan yang ada di dalam film-film itu akan selalu berakhir bahagia. Tapi sayang sekali, untuk mata para penonton, film ini sangatlah memiliki sisi romantika yang sungguh luar biasa! Ada banyak sekali momen yang bisa dibilang adalah sebuah kisah cinta itu sendiri, yang begitu romantis dan menarik.
Sebenarnya yang pertama kali saya suka dari film ini adalah ketika momen "I said I love The Smiths", "to die by your side, is such a heavenly way to die", "I love 'em".

Monday 21 November 2016

Sesingkat The Smiths


Mungkin jaman sekarang sedikit orang yang tahu The Smiths, band yang bisa dibilang jadul dan lagunya juga emang masih era 80an. dan band ini juga tak bertahan lama, dari tahun 1982 sampai 1987. The Smiths berasal dari Inggris, tepatnya di kota Machester. personilnya terdiri dari 4 orang, ada Morrissey (leading vocal), Johny Mahr (gitar), Mike Joyce (drum) dan Andy Rourke (bass). The Smiths dipimpin oleh sang vokalis yaitu Morrissey. Dalam formasinya, Morrissey mempunyai pengaruh yang besar dalam The Smiths,  ia juga berperan sebagai pembuat lagu-lagu dari The Smiths. Morrissey lahir di Manchester, Inggris, 22 Mei 1959. Orangtua morrissey adalah seorang Imigran dari Irlandia. Sebelum kelahiran Morrissey, orangtuanya yaitu Peter dan Elizabeth Morrissey hijrah ke Inggris. Morrissey Lahir dan besar di daerah kelas pekerja Stretford, Manchester, Inggris. ia memiliki hobi yang  kuat seperti hal ibunya, yaitu pada bidang kepustakaan.
Karya-karya Shelagh Delaney, seorang dramawan Inggris dan penulis skenario, terkenal karena karya debutnya, A Taste of Honey membuat banyak pengaruh bagi Morrissey dalam bermusik dan menulis. Banyak karya tulis yang dijadikannya sebagai materi lagu untuk The Smiths. Morrissey suskes buat dua kreativitas yang bisa dibilang sukses, salah satunya adalah sebuah novel yang melibatkan tokoh yang diidolakannya, James Dean, “James Dean Is Not Dead”. Karyanya yang lain adalah sebuah fanzine yang bernama sederhana, “The New York Dolls”. Dari sinilah Morrissey mulai dikenal sebagai seorang pengamat musik muda yang cukup berpengaruh di dunia musik saat itu.

Morrissey tercatat sebagai salah satu penulis lirik pop yang hebat dari generasinya, banyak band-band setelahnya yang dipengaruhi gaya Morrissey. memang lirik lagunya itu punya gaya yang khas, dari celaan, sedih, sampe sinisme, bahkan tema yang menyentuh juga dia buat seperti pembunuhan anak, geng, rumah tangga, pelacuran, rasisme, narkoba, cacat, dan pembunuhan ada dalam lirik lagu yang dibuat Morrissey.↓

Sunday 20 November 2016

Membuat MIXTAPE dengan Baik

Membuat Mixtape sendiri merupakan kegiatan membuat kompilasi lagu untuk kepentingan pribadi bukan komersil (kurang lebih begitu). Sedangkan Mixtape adalah kumpulan koleksi musik terpilih yang disalin ke media perekam untuk diberikan pada seseorang sebagai hadiah yang umumnya berupa kaset tape/cd atau pula untuk kepentingan sendiri (disimpan). Saat ini, CD atau flash drive yang berisi MP3 memiliki fungsi serupa dan seringkali dibuat sesuai tema sehingga menjadi cara yang menarik untuk berbagi musik bersama orang tersayang.

Kompilasi tersebut kerap hadir untuk berbagai maksud tertentu. Misalnya, mengungkapkan perasaan kepada orang yang dikasihi, atau teman dalam perjalanan di mobil.
Berikut adalah cara/tips yang dapat dilakukan untuk membuat mixtape :

Persiapan MIXTAPE
  1. Pilih tema. Mixtape bisa berisi lagu-lagu favorit, tetapi mixtape yang menarik biasanya memiliki tema dan menyampaikan sebuah pesan. Pikirkan baik-baik tentang orang yang akan Anda buatkan kompilasi dan apa yang ingin disampaikan
  2. Berfikir Kreatif. Mixtape memiliki gaya penyajian berbeda.
  3. Pilih kompilasi lagu yang menarik. Mixtape yang baik bisa saja berisikan beberapa lagu terkenal dan juga beberapa lagu baru untuk si penerima. Pilih lagu yang sekiranya dapat disukai oleh orang tersayang Anda dan janganlah ragu untuk mencoba hal yang baru.  
  4. Jadilah pemilih! Jangan masukan semua lagu favoritmu ke dalam mixtape kecuali kamu ingin berbagi selera musikmu. Jika kamu ingin mengirim pesan, bijaklah dengan pilihanmu. Gunakan apa yang dibutuhkan untuk menyampaikan keinginan Anda. 
  5. Susun lagu dengan baik. Meletakkan trek dengan susunan yang sempurna merupakan seni dari mixtape. Pertimbangkan narasi, nada, emosi, dan permainan musik pada mixtape Anda. Karanglah lagu-lagu tersebut menjadi sebuah cerita. Supaya pendengar tidak bosan, jangan menaruh lagu-lagu dengan tempo dan jenis yang sama berturut-turut. Misalnya secara berturut, menaruh empat lagu dengan penyanyi wanita. Buatlah variasi dan selingan antar lagu. Seperti menampilkan lagu-lagu bertempo pelan dan cepat serta lagu-lagu dengan penyanyi pria dan wanita secara berselingan.
Sentuhan Akhir

  1. Berikan sebuah judul. Judul sangat berperan penting untuk sebuah mixtape karena judul yang deskriptif akan memudahkan penerima megetahui tujuan Anda. Contohnya: “Awesome Mix”.
    -Jika hal tersebut spesial, buatlah terdengar istimewa. Mixtape yang baik akan memiliki seni ketika diikuti judul yang sempurna.
    -Memakai nama sang penerima bisa jadi membuat mereka tersanjung. Nama juga bisa digunakan sebagai pernyataan yang ditujukan langsung kepada penerima.
    -Menggunakan lirik favorit dalam kompilasi adalah cara yang baik untuk memusatkan pesan yang ingin Anda sampaikan, sehingga mendorong penerima untuk lebih mudah memahami maksud rekaman tersebut.
    -Judul dengan tema yang ringkas membantu memberi kesan yang masuk akal pada urutan lagu pilihan Anda. Misalnya mixtape berjudul “fajar hingga petang”, memberi pesan yang sangat spesifik.
  2. Tambahkan karya seni Anda. Bukan berarti harus menambahkan lukisan kecil ataupun sketsa (walaupun bisa saja), maksudnya Anda dapat memberikan karya Anda sebagai dekorasi kaset untuk menghasilkan produk akhir yang unik dan orisinil.
    -Berikan warna. Spidol berwarna merupakan alat yang dapat digunakan untuk mendekorasi permukaan kertas. Cobalah pola abstrak ataupun tulisan berbagai warna. Anda pun dapat memanfaatkan spidol warna hitam untuk menghasilkan pola garis-garis atau spiral.
  3. Buatlah berkilauan. Tambahkan payet yang gemerlap untuk menambah hiasan dengan menggunakan sedikit lem dan kuas. Hati-hati agar tidak mengenai tape didalam kaset dan hindari meletakkan apapun yang berpola tidak rata (e.g berlian imitasi) di kaset ataupun CD agar tidak ada kesulitan saat diputar sang penerima. Berikan dekorasi di tempat kaset saja.
  4. Berikan label. Dengan perencanaan matang serta ketelitian, kaset atau wadah CD dapat disisipi label rekaman sendiri yang dibuat dengan coretan khusus.
    -Gunakan plester kain untuk hasil label yang memuaskan.
    -Potonglah foto ataupun bagian artikel majalah dan rekatkan pada tape untuk membuat label yang benar-benar baru.
    -Gunakan sisipan wadah sebagai papan penyokong kolase.
  5. Berikan sentuhan lain pada konten rekaman. Jika Anda pembuat mixtape yang berpengalaman, isilah kekosongan yang ada diantara setiap lagu dengan irama yang menyatu.
  6. Berikan trek pengiring. Tentu ini membutuhkan sedikit kecakapan dan akan menyebabkan kualitas suara sedikit terganggu, tetapi hasil yang didapat sebanding dengan masalah yang telah dihadapi.
    -Cobalah untuk tidak merekam musik melulu, Anda dapat menambahkan seperti pembacaan puisi, komedi sehari-hari, atau lagu pengiring iklan TV jadul, dan rekamlah di kedua sisi dari rekaman Anda.
    -Rencanakan dengan baik lagu-lagu Anda karena tidak akan ada kesempatan kedua untuk merekam ulang tanpa mengacaukan rekaman pertama Anda.
    -Rekam mixtape Anda melebihi rekaman sebelumnya dengan memberikan jeda beberapa detik di setiap lagunya. Jeda pada mixtape akan diisi oleh rekaman sebelumnya agar lebih menarik dan memberi efek yang dapat mencuri perhatian pendengarnya.
    -Ciptakan irama yang beraturan dengan pengisian lagu. Kumpulkan semua lagu berdurasi pendek (kurang dari satu menit) dan gunakan untuk mengisi jeda ditiap rekaman. Lagu-lagu tersebut disajikan sebagai penutup, susun sisa kompilasi Anda dengan sajian yang berbeda.
    -Untuk proyek yang lebih sempurna, masukkan suara apapun yang Anda temukan di lagu yang berdurasi hanya beberapa detik dan rekam secara manual di setiap jeda lagu yang Anda rekam.
Saat ini saya sedang berusaha membuat mixtape/kompilasi lagu-lagu yang pastinya sesuai dengan selera saya (tentunya), baik itu untuk didengarkan sendiri maupun untuk diberikan sebagai gift. Dengan mengumpulkan beberapa lagu-lagu yang saya miliki, kemudian menyusunnya hingga terjadilah sebuah Mixtape.

Dengan demikan cara/tips membuat Mixtape yang dapat saya share di Blog ini, semoga dapat membantu.

Morrissey - That's How People Grow Up

I was wasting my time
Trying to fall in love
Disappointment came to me and
Booted me and bruised and hurt me

But that's how people grow up
That's how people grow up

I was wasting my time
Looking for love
Someone must look at me and
See their sunlit dream
I was wasting my time
Praying for love
For a love that never comes
From someone who does not exist

And that's how people grow up
That's how people grow up

Let me live
Before I die
No not me
Not I

I was wasting my life
Always thinking about myself
Someone on their deathbed said
There are other sorrows too

I was driving my car
I crashed and broke my spine
So yes there are things worse in life than
Never being someone's sweetie

That's how people grow up
That's how people grow up

That's how people grow up
That's how people grow up

As for me I'm okay
For now anyway

Morrissey - First Of The Gang To Die

You have never been in love
until you've seen the stars
reflect in the reservoirs

And you have never been in love
until you've seen the dawn rise
behind the Home for the Blind

We are the Pretty Petty Thieves
and you're standing on our streets
where Hector was the
first of the gang with a gun in his hand
and the first to do time
the first of the gang to die, oh my

Hector was the first of the gang
with a gun in his hand
and the first to do time
the first of the gang to die, oh my

You have never been in love
until you've seen the sunlight thrown
over smashed human bone

We are the Pretty Petty Thieves
and you're standing on our streets
where Hector was the first of the gang
with a gun in his hand
and the first to do time
the first of the gang to die
Such a silly boy

Hector was the first of the gang
with a gun in his hand
and a bullet in his gullet
and the first lost lad
to go under the sod

And he stole from the rich and the poor
and the not very rich and the very poor
and he stole all hearts away
He stole all hearts away
He stole all hearts away
Away...
He stole all hearts away
Away...

Morrissey - Alma Matters

So: the choice I have made
May seem strange to you
But who asked you, anyway ?
It's my life to wreck
My own way
You see: to someone, somewhere, oh yeah ...
Alma matters
In mind, body and soul
In part, and in whole
Because to someone, somewhere, oh yeah ...
Alma matters
In mind, body and soul
In part, and in whole
So the life I have made
May seem wrong to you
But, I've never been surer
It's my life to ruin
My own way
You see: to someone, somewhere, oh yeah ...
Alma matters
In mind, body and soul
In part, and in whole
Because to someone, somewhere, oh yeah ...
Alma matters
In mind, body and soul
In part, and in whole
To someone, somewhere, oh yeah ...
Alma matters
In mind, body and soul
Part, and in whole
So to someone, somewhere, oh yeah ...
Alma matters
In mind, body and soul
Part, and in whole
To someone, somewhere, oh yeah ...
Oh yeah ... Oh yeah, oh yeah Oh yeah ...

Morrissey - The More You Ignore Me, The Closer You Get

The more you ignore me
the closer I get
you're wasting your time
the more you ignore me
the closer I get
you're wasting your time
I will be
in the bar
with my head
on the bar
I am now
a central part
of your mind's landscape
whether you care
or do not
yeah, I've made up your mind
the more you ignore me
the closer I get
you're wasting your time
the more you ignore me
the closer I get
you're wasting your time
Beware!
I bear more grudges
than lonely high court judges
when you sleep
I will creep
into your thoughts
like a bad debt
that you can't pay
take the easy way
and give in
yeah, and let me in
IT'S WAR

Morrissey - Suedhead

Why do you come here
why do you hang around
I'm so sorry, I'm so sorry
Why do you come here
when you know it makes
things hard for me
when you know, oh
why do you come?
Why do you telephone?
and why send me silly notes?
I'm so sorry, I'm so sorry
why do you come here
when you know it makes
thing hard for me
when you know, oh
why do you come?
You had to sneak into my room
'just' to read my diary
was it just to see all the things
you knew I'd written about you?
and...so many illustrations
I'm so very sickened
oh, I am so sickened NOW

Morrissey - Everyday Is Like Sunday

Trudging slowly over wet sand
Back to the bench
Where your clothes were stolen

This is the coastal town
That they forgot to close down
Armageddon—come, Armageddon! Come, Armageddon! Come!

Everyday is like Sunday
Everyday is silent and grey

Hide on the promenade
Etch a postcard,
"How I dearly wish I was not here."

In the seaside town
...that they forgot to bomb
Come! Come! Come—nuclear bomb!

Everyday is like Sunday
Everyday is silent and grey

Trudging back over pebbles and sand
And a strange dust lands on your hands
And on your face, on your face, on your face, on your face

Everyday is like Sunday
"Win Yourself A Cheap Tray"
Share some greased tea with me
Everyday is silent and grey

The Smiths - There Is A Light That Never Goes Out

Take me out tonight
Where there's music and there's people
Who are young and alive
Driving in your car
I never never want to go home
Because I haven't got one anymore

Take me out tonight
Because I want to see people
And I want to see life
Driving in your car
Oh please don't drop me home
Because it's not my home, it's their home
And I'm welcome no more

And if a double-decker bus
Crashes in to us
To die by your side
Is such a heavenly way to die
And if a ten ton truck
Kills the both of us
To die by your side
Well the pleasure, the privilege is mine

Take me out tonight
Take me anywhere, I don't care
I don't care, I don't care
And in the darkened underpass
I thought Oh God, my chance has come at last
But then a strange fear gripped me
And I just couldn't ask

Take me out tonight
Oh take me anywhere, I don't care
I don't care, I don't care
Driving in your car
I never never want to go home
Because I haven't got one
No, I haven't got one

And if a double-decker bus
Crashes in to us
To die by your side
Is such a heavenly way to die
And if a ten ton truck
Kills the both of us
To die by your side
Well the pleasure, the privilege is mine

Oh, there is a light and it never goes out
There is a light and it never goes out
There is a light and it never goes out
There is a light and it never goes out
There is a light and it never goes out
There is a light and it never goes out
There is a light and it never goes out
There is a light and it never goes out
There is a light and it never goes out

The Smiths - Ask

Shyness is nice, and
Shyness can stop you
From doing all the things in life
You'd like to

Shyness is nice, and
Shyness can stop you
From doing all the things in life
You'd like to

So, if there's something you'd like to try
If there's something you'd like to try
ASK ME - I WON'T SAY "NO" - HOW COULD I?

Coyness is nice, and
Coyness can stop you
From saying all the things in
Life you'd like to

So, if there's something you'd like to try
If there's something you'd like to try
ASK ME - I WON'T SAY "NO" - HOW COULD I?

Spending warm Summer days indoors
Writing frightening verse
To a buck-toothed girl in Luxembourg

ASK ME, ASK ME, ASK ME
ASK ME, ASK ME, ASK ME

Because if it's not Love
Then it's the Bomb, the Bomb, the Bomb, the Bomb, the Bomb, the Bomb, the Bomb
That will bring us together

Nature is a language - can't you read?
Nature is a language - can't you read?

SO... ASK ME, ASK ME, ASK ME
ASK ME, ASK ME, ASK ME

Because if it's not Love
Then it's the Bomb, the Bomb, the Bomb, the Bomb, the Bomb, the Bomb, the Bomb
That will bring us together

If it's not Love
Then it's the Bomb
Then it's the Bomb
That will bring us together

SO... ASK ME, ASK ME, ASK ME
ASK ME, ASK ME, ASK ME
Oh, la...

The Smiths - Panic

Panic on the streets of London
Panic on the streets of Birmingham
I wonder to myself
Could life ever be sane again?
The Leeds side-streets that you slip down
I wonder to myself
Hopes may rise on the Grasmere
But Honey Pie, you're not safe here
So you run down
To the safety of the town
But there's Panic on the streets of Carlisle
Dublin, Dundee, Humberside
I wonder to myself

Burn down the disco
Hang the blessed DJ
Because the music that they constantly play
IT SAYS NOTHING TO ME ABOUT MY LIFE
Hang the blessed DJ
Because the music they constantly play

On the Leeds side-streets that you slip down
Provincial towns you jog 'round
Hang the DJ, Hang the DJ, Hang the DJ
Hang the DJ, Hang the DJ, Hang the DJ
HANG THE DJ, HANG THE DJ, HANG THE DJ
HANG THE DJ, HANG THE DJ
HANG THE DJ, HANG THE DJ
Hang the DJ, Hang the DJ, Hang the DJ
HANG THE DJ, HANG THE DJ
HANG THE DJ, HANG THE DJ
Hang the DJ, Hang the DJ, Hang the DJ
HANG THE DJ, HANG THE DJ
HANG THE DJ, HANG THE DJ
Hang the DJ, Hang the DJ, Hang the DJ
HANG THE DJ

The Smiths - Bigmouth Strikes Again

Sweetness, sweetness I was only joking
When I said I'd like to
Smash every tooth in your head

Sweetness, sweetness I was only joking
When I said by rights you should be
Bludgeoned in your bed

And now I know how Joan of Arc felt
Now I know how Joan of Arc felt
As the flames rose to her Roman nose
And her Walkman started to melt

Bigmouth, bigmouth
Bigmouth strikes again
And I've got no right to take my place
With the human race

And now I know how Joan of Arc felt
Now I know of Joan of Arc felt
As the flames rose to her Roman nose
And her hearing aid started to melt

Bigmouth, bigmouth
Bigmouth strikes again
And I've got no right to take my place
With the human race

The Smiths - Cemetry Gates

A dreaded sunny day
So I meet you at the cemetery gates
Keats and Yeats are on your side

A dreaded sunny day
So I meet you at the cemetery gates
Keats and Yeats are on your side
While Wilde is on mine

So we go inside and we gravely read the stones
All those people all those lives
Where are they now?
With the loves and hates
And passions just like mine
They were born
And then they lived and then they died
Seems so unfair
And I want to cry

You say: "ere thrice the sun done salutation to the dawn"
And you claim these words as your own
But I've read well, and I've heard them said
A hundred times, maybe less, maybe more

If you must write prose and poems
The words you use should be your own
Don't plagiarise or take "on loans"
There's always someone, somewhere
With a big nose, who knows
And who trips you up and laughs
When you fall
Who'll trip you up and laugh
When you fall

You say: "ere long done do does did"
Words which could only be your own
And then you then produce the text
From whence was ripped some dizzy whore, 1804

A dreaded sunny day
So let's go where we're happy
And I meet you at the cemetery gates
Oh Keats and Yeats are on your side

A dreaded sunny day
So let's go where we're wanted
And I meet you at the cemetery gates
Keats and Yeats are on your side
But you lose because Wilde is on mine

The Smiths - Heaven Knows I'm Miserable Now

I was happy in the haze of a drunken hour
But heaven knows I'm miserable now
I was looking for a job, and then I found a job
And heaven knows I'm miserable now

In my life
Why do I give valuable time
To people who don't care if I live or die

Two lovers entwined pass me by
And heaven knows I'm miserable now
I was looking for a job, and then I found a job
And heaven knows I'm miserable now

In my life
Why do I give valuable time
To people who don't care if I live or die

What she asked of me at the end of the day
Caligula would have blushed
"You've been in the house too long" she said
And I naturally fled

In my life
Why do I smile
At people who I'd much rather kick in the eye

I was happy in the haze of a drunken hour
But heaven knows I'm miserable now
"You've been in the house too long" she said
And I naturally fled

In my life
Why do I give valuable time
To people who don't care if I live or die

The Smiths - How Soon Is Now?

I am the son
and the heir
of a shyness that is criminally vulgar
I am the son and heir
of nothing in particular

You shut your mouth
how can you say
I go about things the wrong way
I am human and I need to be loved
just like everybody else does

I am the son
and the heir
of a shyness that is criminally vulgar
I am the son and the heir
of nothing in particular

You shut your mouth
how can you say
I go about things the wrong way
I am human and I need to be loved
just like everybody else does

There's a club if you'd like to go
you could meet somebody who really loves you
so you go, and you stand on your own
and you leave on your own
and you go home, and you cry
and you want to die

When you say it's gonna happen "now"
well, when exactly do you mean?
see I've already waited too long
and all my hope is gone

You shut your mouth
how can you say
I go about things the wrong way
I am human and I need to be loved
just like everybody else does

The Smiths - This Charming Man

Punctured bicycle
on a hillside desolate
will Nature make a man of me yet?

When in this charming car
this charming man

Why pamper life's complexities
when the leather runs smooth on the passenger seat?

I would go out tonight
but I haven't got a stitch to wear
this man said "It's gruesome
that someone so handsome should care"

A jumped-up pantry boy
who never knew his place
he said "return the rings"
he knows so much about these things
he knows so much about these things

I would go out tonight
but I haven't got a stitch to wear
this man said "It's gruesome
that someone so handsome should care"

This charming man
this charming man

A jumped-up pantry boy
who never knew his place
he said "return the ring"
he knows so much about these things
he knows so much about these things
he knows so much about these things

The Smiths - Please, Please, Please Let Me Get What I Want

Good times for a change
see, the luck I've had
can make a good man
turn bad

So please please please
let me, let me, let me
let me get what I want
this time

Haven't had a dream in a long time
see, the life I've had
can make a good man bad

So for once in my life
let me get what I want
Lord knows it would be the first time
Lord knows it would be the first time